Tren Less Waste Cocok Buat Kamu Yang Ngaku Mencintai Bumi

Ikuti Tren Less Waste Ini, Bukti Bahwa Kamu Cinta Bumi

2018 topik seputar sustainability, gaya hidup sehat dan ramah lingkungan sedang aktif-aktifnya. Platform instagram yang berisi akun akun sustainability semakin bertambah ya walaupun followersnya tidak sebanyak lambe turah.

Kita tahu Indonesia merupakan salah satu negara yang memimpin inisiatif ramah lingkungan, tapi realitanya sebenarnya sebagaian besar sampah plastik disumbang dari Indonesia. Bahkan Indonesia ada di peringkat ketiga sebagai penyumbang polusi terbesar dunia.

Lalu kita sebagai individu, bagaimana bisa berkontribusi terhadap gerakan ramah lingkungan ? Berhubung tren sustainable sedang mengalami kenaikan, ikuti hal hal yang bisa membantu mengurangi sampah plastik untuk mengurangi produksi limbah. Plastik sangat susah terurai lho, butuh beberapa ratus tahun agar plastik bisa terurai.

Dimulai dari pisahkan sampah organik dan non-organik, agar sampah non-organik bisa di daur ulang di tempat daur ulang terdekat. Semuanya dimulai dari yang termudah, sedikit-sedikit dan tidak banyak menunda-nunda.

Gaya hidup apapun yang sedang menjadi tren, bisa memberikan kesempatan pagi pegiatnya untuk mengubah gaya hidupnya secara permanen. Jika kita masih belum bisa zero waste (0 sampah) tapi minimal kita bisa mencoba less waste (mengurangi sampah). Menyayangi lingkungan tidak sesulit itu kok.

Mulai ANTI SEDOTAN PLASTIK

2018 menuju 2019 tren anti sedotan plastik telah meningkat, banya pejual sedotan bamboo dan stainless yang sudah gencar aktif. Jika semua orang mengganti sedotan plastik dengan sedotan bamboo atau stainless kebayang nggak sih, tidak akan terlalu banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya.

Lakukan Diet Kantong Plastik

Single use plastic bisa diganti dengna opsi reusable, jadi pemakaian plastik berulang. Memang tidak semua plastik bisa dipakai ulang, tapi kita bisa mengganti opsi plastik dengan kantung belanja berulang, tote bag, linen bag sebagai pengganti plastik sekali pakai.

Tahukah kamu mengapa kantong pastik berbahaya ?

– Karena kantong plastik bisa memicu perubahan iklim, dari proses produksi konsumsi, hingga pembuagannya, plastik ini menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin panas.

– Mencemari lingkungan, dan ini sudah terbukti kantong plastik yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan tersumbatnya selokan dan badan air, termakan hewan dan rusaknya ekosistem sungai dan laut.

Ayo diet kantong plastik dengan membawa tas mu sendiri !

Jika kamu ingin belajar lebih jauh mengenai hidup ramah lingkungan, bisa cari informasinya dari web dibawah ini :

Zero Waste Indonesia

https://www.sustaination.id/blog

Diet Kantong Plastik Info

By https://lynchburgemmaus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Disini