Kumpulan Obat Tradisional Tulang Keropos

Kumpulan Obat Tradisional Tulang Keropos

Osteoporosis atau tulang keropos adalah kondisi dimana banyaknya jaringan tulang yang hilang sehingga tulang menjadi lebih rapuh dan keropos. Tahukah anda, saat tulang diletakan di bawah mikroskop, tulang terlihat tidak jauh berbeda dengan sarang lebah.

Kondisi tulang keropos bisa terjadi saat tulang kehilangan mineral atau presentase kandungan terbesar adalah kalsium. Di kondisi serius, bahkan tulang menjadi lebih rapuh karena massa tulang menjadi berkurang dan lebih mudah patah.

Menurut Ahli Endokrinologi, Paul Mystkowski inilah penyebab tulang keropos :

Tidak Seimbangnya Hormon

Beberapa hormon peranannya bagus untuk meningkatkan masa tulang. Ada yang namanya hormon kalsitonin, paratiroid, dan hormon pertumbuhan. Hormon hormon ini bertugas dalam penggunaan kalsium oleh tulang sehingga bisa menentukan kapan waktunya untuk membentuk dan juga menghancurkan tulang. Terganggunya hormon hormon inilah bisa menyebabkan tulang keropos.

Kadar Kalsium yang Semakin Berkurang

Adanya kalsium dalam darah sangat dibutuhkan oleh beberapa organ seperti jantung, otot dan juga syaraf. Tulang bisa dikatakan sama dengan wadah yang digunakan untuk menyimpan kalsium dan fosfor sehingga organ organ tersebut membutuhkan kalsium.

Aktivitas Fisik Yang Rendah

Jarangnya melakukan aktivitas fisik bisa menjadi penyebab tulang keropos karena tulang semakin jarang digunakan bisa semakin lemah.

Selain Itu

Kebiasaan Merokok

Penelitian mengungkapkan bahwa jika tulang mengalami keracunan nikotin bisa menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam menggunakan estrogen, kalsium, vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Memiliki Tubuh Terlalu Kurus

Tubuh kurus sudah pasti memiliki tulang tipis dan juga kecil sehingga rawan kehilangan kepadatan tulang juga cenderung mengalami osteoporosis di usia muda. Walaupun begitu bukan berarti orang gemuk dan juga bertulang besar tidak bisa terkena osteoporosis ya.

Di usia 20-25 tahun kepadatan tulang akan berhenti membangun, dan di usia 30 hingga 40 tahun akan mulai hilang kepadatan tulang. Tingkat kehilangkan tulang pun tergantung pada faktor genetik juga cara mencegahnya adalah dengan olahraga, diet dan faktor-faktor lain yang bisa membuat tulang lebih kuat.

Punya Kebiasaan Mengkonsumsi Kortikosteroid

Untuk mengobati autoimun faktanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat kortikosteroid tetapi ternyata obat ini jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menggangu kadar hormon karena menghilangkan vitamin D, nutrisi lain, kalsium dari tulang.

Wanita lebih beresiko terkena penyakit ini lebih dini. Kadar estrogen yang normal diperlukan untuk menjaga agar tulang lebih sehat.

Pastikan anda mengkonsumsi kortikosteroid dalam pengawasan dokter karena dapat berpengaruh pada kepadatan tulang.

Haid Tidak Teratur

Rendahnya tingkat estrogen besar tanggung jawabnya pada siklus haid yang tidak teratur atau berhenti (menopause). Sayangnya pula, estrogen yang rendah memiliki pengaruh langsung pada kehilangan tulang sehingga wanita yang haidnya tidak teratur bisa mengalami kehilangan tulang.

Segera konsultasikan ke dokter bila haid tidak teratur namun anda tidak kurus. Besar kemungkinan anda memiliki kondisi hormon yang berhubungan seperti penyakit ovarium polikistik (PCOS) yang mudah diobati.

Bisakah Tulang Keropos Disembuhkan ?

Penyakit ini membutuhkan pengobatan medis khusus namun tergantung tingkat pengeroposan tulang yang ada pada masing-masing individu. Untuk mencegahnya bertambah buruk terapkan pola hidup sehat, lebih sering melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan juga kalsium, juga hindari rokok dan alkohol.

Selain itu ada kumpulan jenis obat apotik yang bisa anda konsumsi untuk membantu meredakan osteoporosis yakni :

  1. Bisphosphonates : Fosamax, Boniva, Actonel, dan Reclast
  2. Calcitonin : Fortical dan Miacalcin

By https://lynchburgemmaus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Disini