Cara Menyembuhkan Luka Yang Susah Kering dan Berair

Punya luka susah kering ? Terus menerus mengeluarkan air dan terasa pedih ?

Khawatir malah infeksi ? Jangan khawatir ! Kami punya solusinya

Dimana pun anda berada jika musibah sudah terjadi anda tidak bisa mengelaknya. Musibah yang kerap terjadi misal kecelakaan atau jatuh yang menimbulkan luka. Luka ini tentu tidak dapat dihindari, jika sudah timbul maka tak ada jalan lain selain mengobatinya.

Terkadang luka tidak hanya sekedar luka karena tidak kunjung sembuh. Alih alih sembuh malah luka terasa gatal, kian lama membesar dan menjadi berair tidak sempat mengering. Ada juga kondisi lain luka mengering tetapi tidak henti mengeluarkan cairan.

Luka yang sulit kering sebenarnya terjadi karena adanya inefksi bakteri atau adanya penyakit penyerta seperti kencing manis atau diabetes mellitus.

Inilah beberapa faktor lain penyebab luka sulit sembuh :

  • Aliran darah yang kurang lancar
  • Luka kotor/tidak dirawat sehingga menimbulkan infeksi
  • Penyakit diabetes akibatnya luka sulit sembuh
  • Penyakit jantung
  • Akibat dari gagal ginjal
  • Karena hipertensi
  • Efek dari merokok
  • Pertolongan pertama untuk mengobati luka cenderung salah

Alasan Lain Luka Sulit Sembuh

Akibat Suplai darah dan oksigen yang terganggu

Luka lama sembuh juga dipengaruhi oleh keadaan suplai darah yang buruk. Kondisi medis juga mempengaruhi lho, misal umur tua dan diabetes. Oleh karena itu jumlah oksigen yang tepat sifatnya sangat krusial jika ingin menyembuhkan luka dengan tepat.

Adanya Infeksi

Penyebab paling umum luka susah kering adalah karena infeksi. Kondisi normal bakteri hanya akan ada pada permukaan kulit, tetapi ketika terjadi luka bakteri mendapatkan jalan untuk masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Jika luka terus menerus berair maka bisa ada potensi infeksi jika luka sudah terkontaminasi kuman dari udara, debu, atau tersentuh tangan yang kotor. Luka lama harus segera diobati karena dampaknya bisa menyebabkan luka yang lebih besar dan lebih dalam. Infeksi ini juga bisa semakin meluas dan semakin lama pengobatannya.

Perlu anda tahu, bahwa penyembuhan luka tergantung dari jenis luka dan luas luka juga perawatannya. Ikuti tips tips dibawah ini :

  1. Bersihkan luka dari debu atau kotoran, pastikan sebersih mungkin
  2. Beri disinfektan seperti povidon iodine di sekitar luka
  3. Jaga agar luka tetap terbuka dan pastikan selalu bersih, terhindar dari debu dan juga kotoran
  4. Jaga agar luka tetap kering, hindari terkena air saat mandi
  5. Hindari menyentuh luka
  6. Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat

Bagaimana Cara Menyembuhkan Berair dan Sulit Kering ?

Salah satu faktor utama untuk menyembuhkan luka kita lihat dulu dari makanannya. Makanan juga menjadi penentu kecepatan sembuhnya luka.

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Untuk beberapa saat hindari dulu makanan ini ya

Makanan yang mengandung rempah

Rempah aditif misal jahe, kunyit yang memiliki tempat penting pada masakan tradisional. Tapi sayangnya bagi pemilik luka, rempah rempah tersebut tidak baik bagi luka di tubuh. Pernyataan ini dilansir oleh John Hopkins Medical School, rempah-rempah jahe dan kunyit terbukti kurang baik untuk proses kesembuhan luka.

Misal pada luka luar yang masih basah, butuh penggumpalan darah agar cepat kering tapi rempah rempah malah bisa bersifat sebaliknya, yaitu mengurangi resiko penggumpalan. Bekunya darah sangat penting bagi proses sembuhnya luka. Setelah cedera terjadi, darah pun mulai mengumpul dan menciptakan gumpalan yang menutup luka juga mencegah pendarahan lebih lanjut.

Makanan yang mengandung gula

Sajian gula adalah salah satu jenis makanan yang harus dijauhi jika sedang berusaha sembuh dari luka, gula sangat berpengaruh pada tingkat kolagen di kulit anda lho. Kolagen merupakan suatu komponen penting dari penyembuhan luka. Tetapi gula juga bisa sangat merusak kekebalan tubuh karena mengganggu kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bakteri, sehingga kesembuhan luka malah jadi lebih lama.

Tapi ada juga makanan yang bagus dikonsumsi agar luka menjadi lebih cepat pulih~

Ini dia makanannya :

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Luka basah jika ingin cepat kering dan berganti sel, disarankan banyak konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Misal gandum, kacang tanah, dan almond. Kandungan vitamin E dalam bahan bahan alami ini peranannya baik untuk kulit salah satu andalannya adalah bisa mengurangi bekas luka. Zat antioksidan juga ada dalalm jenis makanan tersebut.

Brokoli

Jenis sayuran yang juga favorit mimin nih. memiliki zat fitronutrien yang tinggi dan bagus pengaruhnya bagi penyembuhan luka. Selain itu juga brokoli adalah sumber antioksidan dan vitamin C yang baik. Zat ini membantu memelihara luka, penyembuhan infeksi dan terbentuknya jaringan baru dan menunjang kekebalan tubuh.

By https://lynchburgemmaus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *