Cara Mengobati Telinga Berdengung

Cara Mengobati Telinga Berdengung – Punya masalah menghadapi telinga berdengung terus menerus? Ingin tahu cara mengatasi telinga berdengung yang tak kunjung sembuh ? Temukan jawabannya DISINI !

Cara Mengobati Telinga Berdengung

Gangguan telinga berdengung paling sering terjadi dan menyebabkan penderitanya tidak bisa mendengar suara dengan jelas. Semua orang bisa terkena gangguan ini namun paling sering terjadi pada lansia yang telah mngalami penurunan fungsi dan kesehatan organ pendengaran.

Fakta Nyata Gangguan Telinga Berdengung Atau Tinnitus

Nama lain dari telinga berdengung adalah telinga tinnitus. Tinnitus berasal dari bahasa latin yang artinya berdering. Gejala ini bisa dikatakan sebagai sensasi mendengar suara yang dihasilkan oleh tubuh.

Suara tersebut bervariasi, bisa suara dering, dengungan, ketukan dan juga siulan.

Sebenarnya Telinga Tinnitus Bisa Disembuhkan Gak Sih ?

Memang kebanyakan kasus telinga berdengung sulit diobati. Bahkan jika sudah berat dan sulit diobati maka penyakitnya akan bersifat permanen. Tapi tetap tenang, karena anda bisa mengurangi gejala yang terasa mengganggu tersebut dengan cara alami.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Hindari menggunakan obat-obatan atau alkohol

Penelitian menyatakan, bahwa beberapa obat bisa membuat gejala telinga berdenging semakin parah. Misal obat pereda nyeri yang dikonsumsi. Selain itu merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol bisa memperparah tinnitus lho !

Jenis obat-obatan yang bisa memicu telinga berdengung antara lain :

  • Antibiotik : Polymyxin B, eritromisin, vancomisin, dan neomisin
  • Obat kanker : mekloretamin dan vincristine
  • Diuretik : bumetanide, asam ethacrynic, atau furosemide
  • Quinine
  • Antidepresan
  • Aspirin dengan dosis tinggi

Hindari Menggunakan Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga

Untuk mengatasi telinga berdengung banyak orang yang langsung menggunakan cotton bud karena mengira adanya kotoran dalam telinga.

Sebenarnya kotoran di telinga fungsinya adalah untuk melindungi liang telinga dengan menangkap kotoran dan juga bakteri. Menggunakan cotton bud malah bisa mendorong kotoran tersebut masuk ke telinga lebih dalam.

Untuk mencegah iritasi atau bahaya di telinga dalam, jangan masukan apapun ke telinga anda. Hal ini tidak akan membantu mengatasi telinga berdengung. Langsung saja periksakan ke dokter dan gunakan tim medis untuk emmbantu membersihkan telinga anda.

Hindari Suara Keras

Paparan suara yang terlalu keras dapat menyebabkan hilangnya pendengaran (tuli) atau bisa juga masalah telinga lain. Suara terlalu keras misal suara mesin atau alat kontruksi, suara tembakan, kecelakaan mobil atau konser bisa memicu terjadinya tinnitus akut. Namun hal ini bisa hilang beberapa hari.

Penting diketahui, tetap atur volume saat mendengarkan musik atau telepon, jangan terlalu keras atau terlalu lama. Apalagi jika menggunakan earphone atau headphone.

Dan

Wajib Hindari Peradangan dan Stress Kronis

Peradangan dalam tubuh bisa meningkatkan resiko permasalahan di telinga, misal infeksi telinga, hilangnya pendengaran, dan juga vertigo. Peradangan bisa terjadi saat tubuh melawan penyakit atau organisme asing yang potensinya sangat besar dan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Stress berlebihan juga bisa memperburuk gejala tinnitus dengan mengubah reaksi otak saat mendengar suara bising di telinga. Gaya hidup kurang baik, pola makan tidak sehat, juga bisa menurunkan kekebalan tubuh dan pengaruhnya negatif bagi kerusakan alergi, saraf dan masalah telinga.

By https://lynchburgemmaus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Disini