Cara Mengobati Flu Singapura Pada Balita

Cara Mengobati Flu Singapura Pada Balita – Benarkah balita bisa terkena flu singapura? Apa saja bahayanya? simak informasinya dibawah ini !

Ciri ciri yang paling terlihat saat saat si kecil mengalami flu singapura adalah adanya bintik bintik merah di sekitar lidah, gusi atau pipi dalam, bisa juga muncul di telapak tangan dan kakinya dan terkadang di pantatnya.

Apa Itu Flu Singapura ?

Flu singapura merupakan gangguan kesehatan yang penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena virus. Penyakit ini kerap disebut juga HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease) karena biasa timbul di kaki, tangan dan mulut. Terkadang virus ini juga menyerang bagian pantat juga sekujur kaki.

Penyakit ini pertama kali mewabah di Singapura tahun 2000an. HFMD biasanya terjadi pada balita yang belum memiliki sistem imunitas yang kuat atau metabolisme tubuhnya belum sempurna.

Mengapa sih di katakan penyakit flu singapura ? Ini karena penyakit ini pernah mewabah di singapura di tahun 2000-an. Dan paling banyak terjadi di singapura. Tapi tidak hanya wilayah singapura karena wilayah lain pun bisa. Di Amerika Serikat misalnya, penyakit ini datang pada musim semi, musim panas dan juga musim gugur. Selain pada anak-anak penyakit ini juga terjadi pada orang dewasa.

Gejala Flu Singapura

Tanda awal yang kerap timbul adalah tenggorokan menjadi sakit. Timbul bintik bintik merah dan terkena demam dengan suhu 38-39 derajat celcius.
Bisa dirasakan nafsu makan pun berkurang, tenggorokan terasa sakit sehingga menolak makan atau menyusu bagi balita.
Setelah 2 hari, timbul bintik merah melepuh di bagian mulut, telapak tangan dan kaki juga terkadang timbul ruam merah di bagian pantat, lutut dan area kemaluan.

Ada kesamaan antara flu singapura dan cacar air,namun nyatanya berbeda. Perbedaan fisik yang terlihat adalah ukurang luka/lenting. Di penderita flu singapura ukuran lentingnya pun lebih kecil daripada cacar air. Seperti namanya, HFMD ada di bagian telapak tangan, mulut dan juga telapak kaki. Sedangkan cacar air ada di bagian tubuh termasuk badan anak.

Bagaimana Menyembuhkan Flu Singapura ?

Sebenarnya tidak ada obat khusus untuk penyembuhan penderita HMFD. Menurut dr.Effendi, SpA merawat anak yang menderita flu singapura adalah siapkan selalu penurun panas (bisa ibuprofen atau parasetamol), dan perlu banyak minum agar tidak dehidrasi.

Flu singapura tidak terlalu berbahaya dan termasuk kategori penyakit ringan dan bisa sembuh dengan perawatan di rumah tanpa perlu perawatan medis.

Inilah cara mengatasi anak yang terkena flu singapura :

  • Beri anak minuman dingin untuk mengatasi tenggorokannya yang sakit. Eskrim juga bisa membuat anak lebih bersemangat mengkonsumsinya.
  • Hindari memberi anak makanan pedas atau minuman asam karena bisa membuat tenggorokan semakin parah.
  • Berikan obat penurun demam dan pereda rasa sakit untuk anak-anak.
  • Istirahat total dirumah dan hindari keluar rumah selama sakit, agar tidak menularkan virus.

By  https://lynchburgemmaus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Disini