Cara Agar Luka Cepat Kering Dalam 1 Hari

Cara Agar Luka Cepat Kering Dalam 1 Hari – Memiliki luka basah memang menjengkelkan, alih alih sembuh malah terus basah tak kunjung sembuh. Besoknya ada acara, padahal besok atau lusa kita ada acara yang tidak mungkin ditinggalkan.

Lalu kitapun berusaha memikirkan bagaimana caranya agar luka cepat kering dalam 1 hari. Sebenarnya mudah saja kok, ikuti tips dibawah ini !

Diluar sana banyak sekali produk yang menawarkan keefektifan dalam merawat luka, tentu hal tersebut agar luka jadi lebih cepat sembuh. Tetapi sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita atau lakukan dulu penanganan berikut ini !

** Hal pertama yang mesti dilakukan adalah membersihkan luka **

Lalu setelah itu

Lihat Kedalaman Luka

Periksa kembali luka untuk menentukan apakah bisa dirawat di rumah atau perlu bantuan tim medis. Berangkatlah ke rumah sakit agar bisa ditangani oleh ahli medis terlebih dahulu jika luka kemudian menjadi semakin parah, karena mungkin perlu dijahit agar sembuh maksimal.

Coba periksa ciri ciri berikut ini :

Apakah jaringan otot menjadi berwarna merah atau jaringan lemak berwarna kuning ada dalam luka ?
Apakah luka tersebut terbuka saat sisinya dilepas ?
Luka muncul di area sendi dan tidak bisa ditutup meskipun dengan jahitan?
Keluarnya pendarahan parah dan tidak bisa berhenti setelah 10 menit ditekan ?

Rajinlah Mencuci Tangan

Tangan perlu dicuci dengan sabun dan air sebelum merawat luka. Hal ini bisa membantu mengurangi peluang infeksi.

  • Cucilah tangan dengan air hangat dan keringkan pula menggunakan handuk bersih
  • Jika luka muncul ditangan, hindari sabun menyentuh luka, karena bisa mengiritasi luka

Hentikan Pendarahan

Jika terjadi pendarahan, pastikan si jumlah darah yang hilang tidak bertambah dan juga proses penyembuhan bisa segera dimulai. Letakan sepotong bola kapas bersih di area luka, lalu perlahan tekan.

Tekan dengan stabil kira-kira selama 10 menit, jangan angkat bola kapas. Biarkan darah membasahi bola kapas dengan cepat.


Setelah melakukan hal hal diatas namun luka tak kunjung kering ada baiknya anda coba menggunakan bahan bahan alami dibawah ini :

Pakai Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah rempah alami yang banyak digunakan untuk masyarakat dan bisa berfungsi sebagai pengobatan. Kunyit juga bagus lho untuk penyembuhan cedera dan luka.

Dalam kunyit terdapat antiseptik dan juga agen anti peradangan yang sangat kuat. Oleh karena itu manfaatnya bisa digunakan sebagai pengobatan.

Bawang Putih

Aroma khas bawang putih ini tidak banyak orang suka. Tetapi bawang putih cukup efektif digunakan sebagai ramuan untuk menyembuhkan luka. Bawang putih bersifat sebagai antiinflamasi, antibakteri dan juga antioksidan.

Bawang putih juga nyatanya bagus untuk mematangkan kolagen di jaringan kulit dan juga berperan sebagai antiseptik pencegah infeksi.

Selanjutnya

Madu

Di luka ringan seperti luka luka yang teriris atau terbakar, madu punya manfaat juga lho ! Manfaatnya bisa sebagai anti bakteri dan juga mencegah infeksi.

Para analisis dari studi menemukan bahwa luka bakar yang diobati dengan madu akan cepat sembuh.

Chamomile

Dalam kandungan bahan alami ini terdapat anti inflamasi dan juga antimikroba lain yang sangat kuat. Digadang gadang chamomile ini berperan sebagai ramuan yang sangat baik dan bisa mengurangi peradangan dan juga rasa sakit.

Kentang

Hah kok bisa kentang digunakan untuk mengatasi luka ? Jawabannya tentu saja bisa ! tempelkan beberapa potong kentang di atas area yang terkena infeksi setelah itu simpan lalu pasang perban. Diamkan dalam semalam, keesokannya ganti kentang segar di siang hari. Tergantung infeksi sih sebenarnya.

Selain menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan luka dari luar, tidak kalah penting proses kesembuhan luka ini dibantu dengan asupan bergizi dan khusus untuk mempercepat penyembuhan luka.

By https://lynchburgemmaus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *